Hotel Knowledge - Part 2 (Klasifikasi dan Department Hotel )

HotelKnowledge -Part 2
Lanjutan.. #2
Guys. Ini adalah bagian dari Learn English Easier-English For Tourism. Jadi,melalui artikel ini saya ingin membagikan rangkuman-rangkuman materi yang telah saya dapatkan selama menempuh pembelajaran di SMK N 1 Amlapura. Saya akan membagi menjadi beberapa artikel jadi "stay updated" untuk mendapat informasi tersebut! 

·       Klasifikasi Hotel
            Menurut keputusan direktorat Jendral Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi no 22/U/VI/1978 tanggal 12 Juni 1978 (Endar Sri, 1996 : 9), klasifikasi hotel dibedakan dengan menggunakan simbol bintang antara 1-5. Semakin banyak bintang yang dimiliki suatu hotel, semakin berkualitas hotel tersebut.
Hotel Melati adalah jenis hotel atau juga disebut Inn, hotel tersebut dalam skala kecil dilengkapi dengan fasilitas yang cukup baik serta biasanya dikelola oleh pemilik hotel, semua kamar tidur dilengkapi dengan kamar mandi sendiri lengkap dengan fasilitas air panas dan air dingin, makanan yang disediakan mungkin hanya untuk tamu yang menginap saja, sedangkan untuk tamu tidak menginap hanya disediakan beberapa macam menu saja bahkan mungkin tidak tersedia pada saat akhir pekan.
Hotel Bintang Dua yaitu hotel yang menyediakan standar akomodasi dan fasilitas yang lebih baik serta menu makanan yang lebih banyak.
Hotel Bintang Tiga yaitu hotel dengan beberapa macam akomodasi, dilengkapi dengan kamar mandi sendiri baik bathtub/shower, makanan dan minuman disediakan baik untuk tamu yang menginap maupun tamu yang tidak menginap.
.      Hotel Bintang Empat yaitu hotel yang sangat bagus yang menyediakan standar kualitas makanan yang tinggi.
.       Hotel Bintang Lima yaitu hotel mewah yang menyediakan akomodasi dengan standar kualitas tinggi dan pelayanan yang nyaman.
·       Department Hotel
Dalam sebuah Hotel terdapat beberapa Departmen yang memiliki fungsi dan tugas masing-masing.Departmen merupakan sebuah kelompok yang memiliki manager serta jajaran yang mempunyai tugas dan tanggung  jawab masin-masing.Jika diibaratkan,Presiden merupakan Hotel dan para menterinya adalah Departmentnya.Hotel pada umumnya terdiri dari department berikut :
ü  Department Front Office
Merupakan Department yang bertanggung jawab atas seluruh kegiatan yang berrjalan di kantor depan seperti pemesanan kamar.layanan telepon,layanan barang dan sejenisnya.
ü  Department House Keeping
Merupakan Departement yang bertanggungjawab penuh atas kebersihan lingkungan hotel baik itu di dalam maupun diluar hotel.
ü  Department Food and Beverage
Merupakan Departmen yang bertanggung jawab penuh atas seluruh hal yang berkaitan dengan makan maupun minum baik itu product maupun service.
ü  Department Accounting
Merupakan department yang bertanggung jawab penuh atas keuangan hotel.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hotel Knowledge - Part 1 (Pengertian,Karakterisitik,dan Jenis Hotel)

Persiapan UKK 2018 - Telephone Operator