Hotel Knowledge - Part 2 (Klasifikasi dan Department Hotel )
HotelKnowledge -Part 2
Lanjutan.. #2
Guys. Ini adalah bagian dari Learn English Easier-English For Tourism. Jadi,melalui artikel ini saya ingin membagikan rangkuman-rangkuman materi yang telah saya dapatkan selama menempuh pembelajaran di SMK N 1 Amlapura. Saya akan membagi menjadi beberapa artikel jadi "stay updated" untuk mendapat informasi tersebut!
·
Klasifikasi Hotel
Menurut keputusan direktorat Jendral Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi no 22/U/VI/1978 tanggal 12 Juni 1978 (Endar Sri, 1996 : 9), klasifikasi hotel dibedakan dengan menggunakan simbol bintang antara 1-5. Semakin banyak bintang yang dimiliki suatu hotel, semakin berkualitas hotel tersebut.
Menurut keputusan direktorat Jendral Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi no 22/U/VI/1978 tanggal 12 Juni 1978 (Endar Sri, 1996 : 9), klasifikasi hotel dibedakan dengan menggunakan simbol bintang antara 1-5. Semakin banyak bintang yang dimiliki suatu hotel, semakin berkualitas hotel tersebut.
Hotel Melati adalah jenis hotel atau juga disebut Inn, hotel tersebut dalam
skala kecil dilengkapi dengan fasilitas yang cukup baik serta biasanya dikelola
oleh pemilik hotel, semua kamar tidur dilengkapi dengan kamar mandi sendiri
lengkap dengan fasilitas air panas dan air dingin, makanan yang disediakan
mungkin hanya untuk tamu yang menginap saja, sedangkan untuk tamu tidak
menginap hanya disediakan beberapa macam menu saja bahkan mungkin tidak
tersedia pada saat akhir pekan.
Hotel Bintang Dua yaitu hotel yang menyediakan standar akomodasi dan
fasilitas yang lebih baik serta menu makanan yang lebih banyak.
Hotel Bintang Tiga yaitu hotel dengan beberapa macam akomodasi, dilengkapi
dengan kamar mandi sendiri baik bathtub/shower, makanan dan minuman disediakan
baik untuk tamu yang menginap maupun tamu yang tidak menginap.
. Hotel Bintang Empat yaitu hotel yang sangat
bagus yang menyediakan standar kualitas makanan yang tinggi.
. Hotel Bintang Lima yaitu hotel mewah
yang menyediakan akomodasi dengan standar kualitas tinggi dan pelayanan yang
nyaman.
·
Department Hotel
Dalam sebuah
Hotel terdapat beberapa Departmen yang memiliki fungsi dan tugas
masing-masing.Departmen merupakan sebuah kelompok yang memiliki manager serta
jajaran yang mempunyai tugas dan tanggung
jawab masin-masing.Jika diibaratkan,Presiden merupakan Hotel dan para
menterinya adalah Departmentnya.Hotel pada umumnya terdiri dari department
berikut :
ü Department Front
Office
Merupakan
Department yang bertanggung jawab atas seluruh kegiatan yang berrjalan di
kantor depan seperti pemesanan kamar.layanan telepon,layanan barang dan
sejenisnya.
ü Department House
Keeping
Merupakan
Departement yang bertanggungjawab penuh atas kebersihan lingkungan hotel baik
itu di dalam maupun diluar hotel.
ü Department Food
and Beverage
Merupakan
Departmen yang bertanggung jawab penuh atas seluruh hal yang berkaitan dengan
makan maupun minum baik itu product maupun service.
ü Department
Accounting
Merupakan
department yang bertanggung jawab penuh atas keuangan hotel.
Komentar
Posting Komentar